Kita Pulang Conference 2019 – Mengajak Kaum Muda Mewujudkan Wirausaha Sosial

Oleh: Retno Utami

Jumat (8/11) bertempat di Hotel UTC Semarang, Kita Pulang 2019 menjalankan salah satu programnya yaitu Konferensi Kita Pulang. Tahun ini merupakan tahun ke-3 diadakannya konferensi nasional yang mengumpulkan para pemuda dari seluruh Indonesia untuk memecahkan permasalahan sosial yang ada di Indonesia. Konferensi Kita Pulang tahun ini mengangkat tema “Pemberdayaan Pemuda dalam Transformasi Inovasi Sosial Berkelanjutan” sebagai bentuk bahwa Indonesia terbukti memiliki relevansi dalam menjawab tantangan kondisi sosial di berbagai sektor. Namun upaya memecahkan masalah atau isu-isu sosial, membutuhkan praktik penggabungan inovasi serta optimalisasi sumber daya dari para pemuda Indonesia.

Konferensi yang berlangsung selama 3 hari tersebut dihadiri oleh para pembicara dan juri yang terlibat di dalam platform wirausaha sosial diantaranya yaitu Fania Khamada sebagai Influencer Manager Kitabisa.com, Faye Simanjuntak sebagai pendiri Rumah Faye, Andhika sebagai pendiri Agradaya, dan Rizky Ambardi sebagai pendiri Sustainable Energy Movement. Selain itu, turut dihadiri oleh para mentor yang berasal dari komunitas-komunitas sosial di Semarang. Sedangkan sebanyak 93 delegasi yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia hadir mengikuti konferensi ini.

Konferensi ini bertujuan untuk mengumpulkan para delegasi untuk melakukan pematangan dan peluncuran terhadap prototype yang telah dirancang. Kegiatan hari pertama, delegasi diberikan edukasi serta persiapan dalam melakukan peluncuran protoype. Kegiatan hari kedua, delegasi melakukan presentasi mengenai protoype yang telah dirancang kepada para juri. Sedangkan hari ketiga, delegasi melakukan peluncuran terhadap social enterprise yang telah dibuat. Konferensi berjalan dengan lancar dan delegasi tampak antusias, kegiatan diakhiri dengan pemberian penghargaan terhadap kelompok delegasi yang menghasilkan produk terbaik.

×
×

Cart